bendera australiaPerjalanan dari Melbourne ke Hobart ibukota Tasmania ditempuh dalam waktu 1 jam  menggunakan pesawat. Setibanya di Hobart, saya dan rombongan ditempatkan di Hotel Wrest Point. University of Tasmania adalah satu-satunya universitas yang ada di pulau sebelah selatan  benua Australia ini, dengan kampus tersebar di seluruh wilayah pulau. Hari pertama di Tasmania digunakan untuk mengikuti ceramah dan diskusi tentang profil universitas ini oleh semua dekan dan paparan profil PTS DIY oleh rektor UAD, Ketua APTISI V, Dr. Kasiyarno, M.Hum.

Untitled-1 copy

Dr. Kasiyarno, M.Hum. Rekor UAD, Ketua APTISI V DIY Memaparkan Profil PTS DIY di Universitas Tasmania

Sesi terakhir dilakukan penandatangan naskah kerjasama antara universitas ini dengan beberapa perguruan tinggi DIY termasuk UAD. Karena pak rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum. mewakili APTISI Wilayah V, maka saya diminta pak rektor untuk mewakili UAD menandatangani naskah kerjasama dengan University of Tasmania.

tasmania-3Dr. Bambang Supriyadi, DEA (Koordinator Kopertis V DIY), Professor Peter Frappell (Pro Vice-Chancellor Global Engagement, University of Tasmania, Australia), Dr. Kasiyarno, M.Hum (rektor UAD, Ketua APTISI V) dan Direktur Akademi Maritim Yogyakarta, Dr. Wegig Pratama, sesaat setelah penandatangan MoU

tasmania-1

tasmania-2

Bersama Pak George Iwan Marantika, MBA, Professor Peter Frappell, dan Koordinator Kopertis V sesaat setelah penandatangan MoU dengan Universitas Tasmania

Kerjasama dengan Universitas Tasmania ini, implementasinya segera akan  dilakukan antara lain dalam bentuk pengiriman dosen UAD mengikuti program Ph.D. Pada tahun 2014 akan dikirim satu orang dosen untuk mengikuti program Ph.D. yakni Pak Wajiran. Selain itu, direncanakan pula UAD akan mengundang Prof. Pamela Allen dari fakultas Art untuk memberikan pidato wisuda di UAD.

Setelah selesai di Universitas Tasmania, saya dan rombongan diundang oleh Premiere, semacam gubernur dan kami diterima di kantor gubernuran.

tasmania-gov-1

Bersama Gubernur Tasmania

Hari terakhir di Tasmania, saya mengunjungi Australia Maritime College di kota Launceston di sebelah ujung utara pulau. Lembaga ini merupakan akademi maritim terbesar di Australia. Untuk mencapai kota ini, diperlukan waktu 5 jam pulang pergi Hobart-Launceston.

akademi maritim

Bersama rektor UAD dan pimpinan Australian Maritime College

Saya sempat mengunjungi laboratorium teknik tenaga listrik di akademi ini dan sempat berdiskusi tentang berbagai sistem pengendali motor dan generator pembangkit yang digunakan di kapal.

lab-1Di Laboratorium Teknik Tenaga Listrik Australia Maritime College, Launceston, Tasmania

Setelah, beberapa hari di Melbourne dan Tasmania Australia, tiba saatnya untuk kembali ke Jogja. Salam persahabatan dunia.

pulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *