Pembelajaran jarak jauh secara online di satu sisi membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan fleksibel. Namun di sisi lain menimbulkan learning loss dalam suatu masa pendidikan tertentu dan menjadikan siswa kurang semangat dalam membangun sikap kolaboratif. Secara umum penyedia platform pembelajaran online telah memberikan dukungan fitur kegiatan kolaborasi, namun kenyataannya belum mampu mendukung interaksi yang efektif. Para ahli percaya bahwa penggunaan Personal Learning Environment (PLE) sebagai alat TI dalam proses pembelajaran dapat membantu menciptakan lingkungan kolaborasi online yang efektif. Penelitian ini menemukan bahwa PLE terbukti meningkatkan aktivitas kolaboratif dalam pembelajaran daring secara signifikan. Fitur refleksi merupakan jenis PLE yang memiliki pengaruh paling signifikan dalam menciptakan lingkungan kolaborasi yang baik. Penelitian juga menemukan bahwa kegiatan kolaboratif yang sesuai dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pedagogi pendidikan vokasi.
Sitasi dalam format APA:
Muchlas, Budiastuti, P., Khairudin, M., Santosa, B., Rahmatullah, B. 2023. The use of personal learning environment to support an online collaborative strategy in vocational education pedagogy course. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 17(2), 24-41.