Sepanjang tahun 2022, selain memperoleh hibah BUiLD (Building Universities in Leading Disaster Resilience), UAD juga menerima hibah iHiLead (Indonesian Higher Education Leadership) dari Erasmus+ Uni Eropa, bersama dengan anggota konsorsium lainnya yakni Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjadjaran, Universitas Presiden, dan STIE Malangkucecwara. Selain dari Indonesia, tiga perguruan tinggi asing juga mengikuti program ini, mereka adalah University of Gloucestershire, International School for Business and Social Studies (ISBSS) Slovenia, dan University of Granada. iHiLead merupakan sebuah proyek pelatihan kepemimpinan dan manajemen bagi para pengelola perguruan tinggi.

Selama empat hari dari  26 sampai dengan 29 September 2022 saya mengunjungi Universitas Granada di Spanyol bersama tim iHiLead UAD terdiri atas Pak Ahmad Muttaqin (Anggota BPH), bu Norma Sari (Wakil Rektor SDM), Bu Ida Puspita (Kepala Bidang Kerjasama LN), Pak Choirul Fajri (Kepala BIMAWA), Pak Farid Setiawan (Kepala Bidang di BSDM) dan Pak Afid Istiandaru untuk mengimplementasikan proyek hibah. Kegiatan pokok di Universitas Granada bagi saya mencakup dua hal, pertama mengikuti beberapa acara Erasmus+ dan kedua menjajagi kerjasama dengan universitas yang berada di kota Granada ini.

Konsorsium PT pelaksana proyek iHiLead bersama rombongan Ditjen Diktiristek di Universitas Granada

Salah satu bentuk implementasi proyek iHiLead ini adalah pelatihan bagi calon-calon pelatih kepemimpinan perguruan tinggi. Selama berlangsungnya kegiatan, perwakilan dari masing-masing universitas memperoleh  pembekalan dari narasumber Erasmus yang kompeten. Upacara pembukaan dilaksanakan  di Gedung Espacio V Centenario, Granada (26-09-2022). Pada kesempatan tersebut hadir Bu Tjitjik Srie Tjahjandarie selaku Pelaksana Tugas Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dan menyampaikan bahwa pihak kementerian  sangat bangga serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kerja sama antara konsorsium PT Indonesia dan Eropa dengan pihak Erasmus+. Harapannya, program ini dapat menjadi sarana PT Indonesia berkembang mencapai level dunia.

Peserta workshop iHiLead bersama Bu Tjitjik Srie Tjahjandarie (Plt. Setjen Diktiristek)

Pada kunjungan ini, saya menyempatkan diri untuk bertemu dengan pimpinan atau pihak Universitas Granada untuk menjajagi kemungkinan kerjasama. Kami ditemui oleh Dr. Irene Pedreira (Director for International Projects and Agreements at the Vice-Rectorate for Internationalization), Prof. Dr. José Martínez Aroza (International Credit Mobility Coordination) dan Dr. Francisco Javier Montoro Ríos (Director of Modern Language Center). 

Pembahasan kerjasama UAD dan Universitas Granada bersama Dr. Irene Pedreira (Director for International Projects and Agreements at the Vice-Rectorate for Internationalization), Prof. Dr. José Martínez Aroza (International Credit Mobility Coordination) dan Dr. Francisco Javier Montoro Ríos (Director of Modern Language Center). 

Hasil pembicaraan, kami telah sepakat bekerjasama dalam bidang akademik seperti student mobility, lecture exchange, join research dan pengembangan Andalusia Corner yang telah didirikan UAD pada 2020. Bahkan, pihak Universitas Granada bersedia kerjasama dalam expo artifak akademik yang berhubungan dengan Andalusia.

Kesepakatan kerjasama UAD dan Universitas Granada diakhiri dengan sesi tukar menukar cendramata

 

 

Penelitian ini berfokus pada pengembangan produk berupa laboratorium virtual materi fluida agar siswa bisa melakukan kegiatan praktikum secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan laboratorium virtual dan mengetahui presepsi siswa terhadap penggunaan laboratorium virtual. Metode pengembangan produk yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model APPED, adapun tahapannya adalah analisis, perancangan, produksi, evaluasi dan deseminasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibagikan kepada siswa kelas XI SMAN 1 Kedokanbunder sebagai responden. hasil yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium virtual dinyatakan layak untuk digunakan dalam praktikum fluida dan respon siswa yang begitu antusias, sehingga memotivasi siswa dalam pembelajaran dan dapat disimpulkan bahwa respon siswa dalam penggunaan laboratorium virtual sangat baik.

 


Sitasi dalam format APA:
Putri, S.N.R., Muchlas, Ishafit. 2022. Pengembangan laboratorium virtual materi fluida untuk eksperimen online. Jurnal Pendidikan Fisika, 10 (1), 36-42.

Pembelajaran mesin listrik khususnya motor induksi berdaya besar sering menghadapi kendala teknis. Selain memerlukan dana besar dalam pengadaannya, penggunaan mesin induksi tiga fase dengan catu daya langsung dapat menimbulkan efek kedip pada saat start-up. Keadaan ini  dapat mengganggu operasi peralatan listrik yang terpasang pada power line yang sama, dan pada saat bersamaan dapat merusak kumparan mesin. Pengalaman pembelajaran di berbagai perguruan tinggi teknik selama masa pandemi Covid-19 berlangsung telah meneguhkan pentingnya penyediaan media pembelajaran virtual yang dapat menggantikan aktivitas-aktivitas hands-on. Penelitian dalam monograf ini didorong oleh
keinginan untuk mewujudkan media pembelajaran yang efisien, aman, dan fleksibel serta dapat menirukan watak motor induksi tiga fase  berbentuk simulasi komputer berbasis pemrograman Matlab.

Studi ini menyajikan secara lengkap proses pengembangan produk, dimulai dari uraian tentang model-model motor induksi tiga fase, teknik simulasi berbasis Matlab untuk mesin tiga fase, sampai dengan implementasinya sebagai media pembelajaran. Pada bagian akhir, kajian ini menyajikan hasil uji kinerja dan  informasi pedagogis tentang persepsi calon pengguna mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan.

Produk yang dihasilkan pada kajian ini dapat dimanfaatkan oleh dosen maupun guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagai salah satu perangkat lunak alternatif, melengkapi perangkat serupa berbasis pemrograman SIMULINK. Melalui produk ini, diharapkan pemberian latihan keterampilan di lingkunan pendidikan  teknik tetap dapat dilaksanakan di tengah-tengah situasi pandemi atau tantangan lainnya yang menuntut pembelajaran dilaksanakan dengan dukungan media-media virtual.

 

 

Klik pada gambar di sebelah kiri ini untuk download Dokumen HAKI.

 

 

 

Sitasi dalam format APA:


Muchlas (2021). Monograf Desain dan Implementasi Media Pembelajaran Simulasi Komputer Watak Dinamis Motor Induksi Tiga Fase. Yogyakarta: UAD Press.



Pandemi COVID-19 merupakan tantangan besar bagi pendidikan di seluruh dunia karena prosesnya harus dilakukan secara virtual agar penyebaran COVID-19 dapat dikurangi. Masalahnya, masih banyak siswa yang tinggal di daerah terpencil  jauh dari kota, yang tidak terjangkau infrastruktur pembelajaran virtual.  Kondisi geografis yang beragam di Indonesia yang terdiri dari pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, dan lembah serta beberapa daerah yang jauh dari kota membuat siswa sulit terkoneksi dengan internet sehingga pembelajaran virtual menjadi tantangan tersendiri. Daerah-daerah ini sering disebut sebagai daerah terpencil.

Sejauh ini, pendekatan pemerintah Indonesia untuk mengatasi kesulitan belajar di daerah terpencil masih kabur. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun kerangka teori pembelajaran yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh di daerah terpencil di Indonesia. Penelitian ini mengusulkan teori perkembangan pembelajaran alternatif di daerah terpencil melalui kajian pustaka integratif. Dalam penelitian ini, kerangka teori berkembang dari tinjauan penelitian yang ada tentang radio komunitas, pembelajaran campuran, pendidikan transformatif, dan pedagogi kritis. Penelitian ini menghasilkan kerangka teori tentang model blended learning berbasis radio komunitas yang berkontribusi sebagai solusi pembelajaran alternatif yang menjanjikan di daerah terpencil. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini akan menjadi model pembelajaran yang menjanjikan di daerah terpencil dalam situasi yang tidak terduga seperti di era pandemi.

Klik pada ikon Heliyon untuk download artikel.


Sitasi dalam format APA:
Prahmana, R. C. I., Hartanto, D., Kusumaningtyas, D. A., Ali, R. M., & Muchlas. (2021). Community radio-based blended learning model: A promising learning model in remote area during pandemic era. Heliyon, 7(7).

Nama program aplikasi ini adalah MOTORSIM© yakni sebuah Simulator Motor Induksi Tiga Fase berbasis MATLAB yang dapat melakukan simulasi watak motor induksi tiga fase yang menghasilkan grafik fungsi waktu dari tegangan input, torsi elektromagnetik, arus stator, dan kecepatan putar rotor, dalam domain waktu berdasarkan parameter-parameter yang dimasukkan melalui inputnya.

Simulator dapat digunakan oleh dosen teknik elektro yang mengampu praktik dengan topik watak dinamis motor induksi tiga fase, sebagai alternatif pengganti praktik di laboratorium real.  Bagi mahasiswa, program ini dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mandiri tentang watak dinamis mesin listrik AC dengan spektrum daya yang lebar, dari motor berdaya rendah, sedang hingga tinggi serta motor yang beroperasi dengan berbagai ragam catu daya khususnya catu langsung dan catu ramp-up. Selain sebagai pendukung praktik lab virtual tersebut, produk juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas melalui metode demonstrasi.