top tech 2015-200Majalah IEEE Spectrum melaporkan, pada tahun 2015 ini, perkembangan teknologi akan terfokus pada bidang-bidang robotika, ruang angkasa, kedokteran, energi, telekomunikasi, dron dan transportasi. Teknologi robotika tahun ini diarahkan pada penciptaan mesin pintar ini dengan tema a robot in the family.  Bruno Maisonnier, pendiri dan CEO dari Aldebaran Robotics, telah bertekad untuk menciptakan dan menghadirkan robot yang menyenangkan untuk menemani dan membantu pekerjaan ibu-ibu di dapur serta pekerjaan domestik lainnya. Lebih dari itu, pabrik-pabrik robot rumah tangga ini berkeinginan agar robot-robot itu dapat menampilkan senyum sehingga lebih familiar.

Pepper adalah sebuah robot humanoid yang dikembangkan oleh SoftBank,  perusahaan telekomunikasi raksasa dari Jepang. Awalnya perusahaan yang dikomandani oleh CEO Masayoshi Son ini hanya bergerak dalam bidang telepon selular, perusahaan-perusahaan ventura internet dan industri media. Namun pada bulan Juni 2014 yang lalu, Son mengumumkan dalam suatu press conference, perusahaannya mulai bergerak dalam bidang robotika dengan memperkenalkan produk robot humanoid Pepper. Robot ini didisain sebagai teman keluarga di rumah. Pepper dalam aksinya tidak dapat melayani pekerjaan mencuci pakaian dan memasak, namun para ibu rumah tangga atau anak-anak putri kita dapat dibantu oleh robot ini dalam menyediakan nasehat sebagai teman. Robot Pepper ini dapat menghibur anda dengan ceritera-ceritera humor yang lucu dan segar, ia juga dapat menjadi teman bermain game, atau dapat pula mengajari tentang hal-hal baru yang belum pernah kita dengar, dan membantu berkomunikasi dengan teman atau anggota keluarga kita yang lain. Pepper dapat membacakan dengan keras resep masakan, sementara ibu-ibu rumah tangga dapat mendengarkannya sambil memasak. SoftBank merencanakan meluncurkan produk ini pada Februari 2015 dengan harga 198.000 yen atau hampir 22 juta rupiah.

pepper-robotRobot Pepper

Pepper dilengkapi dengan emotion engine software sehingga robot ini dapat menyimpulkan perasaan user berbasis pada ekspresi wajah, nada suara dan bicara serta mampu meresponnya berdasarkan kesimpulan tersebut. Jika anda pulang ke rumah dan Pepper melihat ekspresi kelelahan pada wajah anda, maka ia akan segera memutarkan lagu kesayangan anda. Keberadaan robot-robot ini di negara-negara Asia Tenggara tentu akan menimbulkan masalah sosial yang besar karena akan menjadi pesaing berat TKI dan di tanah air akan menjadi kompetitor para pembantu rumah tangga dari spesies manusia…he..he..Salam Robotika Indonesia.

6 Comments

  1. Artikel tentang ‘Robot’ yang anda tulis sangat menarik dan bagus.
    Kita juga punya artikel mengenai ‘Robot’, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://robotika.blog.gunadarma.ac.id//
    terima kasih
    semoga bermanfaat

  2. @Faza: Terimakasih atas kunjungan anda ke web akademik saya. Saya sudah berkunjung ke web anda dan memperoleh kesan web anda sangat informatif dan bermanfaat. Saya akan sarankan para mahasiswa saya untuk mengunjunginya. Salam.

  3. Apa itu majalah ieee spectrum

  4. Majalah yang diterbitkan oleh IEEE dan diberikan kepada para anggotanya. Saya sebagai member IEEE, setiap Spectrum terbit selalu dikirimi. Salam.

  5. Artikel tentang robot yang diposting menarik bagi saya, karena kebetulan saya ilmunya di basic IT, jadi sangat menarik bagi saya terkait robotika

  6. #Mas Abdi Hidayat
    Terimakasih atas kunjungannya. Saya ikut senang semoga artikel bermanfaat menambah khasanah pengetahuan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *